Untuk Kekayaan dan Kelengkapan Koleksi Buku Perpustakaan, Silahkan isikan Usulan Buku yang menurut Anda perlu ditambahkan pada koleksi buku Perpustakaan Balikpapan.

Lomba Bercerita Siswa SD/MI se-Kota Balikpapan

Thursday - 13 April 2017 - Dibaca: 402 kali

Belakang (kiri-kanan): Arif Handoko, Hery Misnoto, Zulhamdani A.S., Muhammad Amir; Depan (kiri-kanan): Alya Mutiasari, Putrie Ramadhani Kurniawan, Rais Muhammad Razan, Zaujane Kantadara Subekti, Patricia Kristiani Gultom, Yahya Arrayan Wahid, Hj. Mawarni

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Bidang Perpustakaan mengadakan lomba bercerita bagi pelajar SD/MI tingkat Kota Balikpapan. Kegiatan yang berada di bawah seksi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu Selasa, 11 April 2017 sampai Rabu, 12 April 2017. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Bapak Hery Misnoto. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan mengenai  pentingnya kegiatan membaca demi peningkatan kualitas manusia Indonesia. Beliau mengharapkan dari kegiatan ini dapat memicu kebiasaan membaca sejak dini dan tentunya memberi dukungan kepada para peserta agar bersemangat dalam mengikuti kegiatan lomba serta mendoakan yang terbaik bagi para peserta.

Lomba dilaksanakan di Lantai 1 gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Peserta yang mendaftar  untuk mengkuti lomba ini sebanyak 88 orang peserta namun hanya 87 orang peserta yang tampil disebabkan 1 peserta mengundurkan diri karena sakit. Penampilan peserta dinilai oleh 3 orang juri yaitu Zulhamdani A.S., Muhammad Amir, dan Arif Handoko yang adalah tokoh budayawan dan pendongeng di Kota Balikpapan.

Secara umum peserta lomba memberikan penampilan yang memukau dan bahkan sebagian mengundang tawa karena menampilkan aksi lucu dan menghibur. Dari seluruh peserta yang tampil hanya diambil 6 orang dengan penampilan terbaik. Gelar Juara I direbut oleh Alya Mutiasari dari SD Negeri 001 Balikpapan Tengah yang membawakan cerita Legenda Naga Erau dan Putri Karang Melenu. Juara II didapatkan oleh Putrie Ramadhani Kurniawan, yang juga perwakilan SD Negeri 001 Balikpapan Tengah dengan judul cerita Lok Sinaga. Juara III diperoleh Rais Muhammad Razan dari SD IT Al Auliya 2 Balikpapan dengan cerita Asal Mula Danau Lipan. Juara Harapan I diperoleh Zaujane Kantadara Subekti dari SD Patra Dharma 3 Balikpapan yang membawakan cerita Asal Usul Kerajaan Sadur Rengas. Juara Harapan II diperoleh Patricia Kristiani Gultom perwakilan SD Katholik Santa Theresia dengan judul cerita Mariki dan Putri Raja. Dan Juara Harapan III didapatkan oleh Yahya Arrayan Wahid dari SD Negeri 019 Balikpapan Barat yang membawakan cerita Saudagar Kaya dan Istri Setia.

Hadiah berupa Plakat, Piagam, dan bingkisan-bingkisan diserahkan oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Ibu Hj. Mawarni dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Bapak Hery Misnoto. Dalam kata penutupnya Bapak Hery Misnoto memberikan selamat kepada para pemenang dan tetap memberikan semangat kepada peserta yang belum mendapat kesempatan menang dengan menyampaikan bahwa ini hanyalah kemenangan yang tertunda.

Juara I pada kegiatan ini yaitu Alya Mutiasari akan mewakili Kota Balikpapan dalam lomba bercerita siswa SD/MI tingkat Provinsi pada bulan Juli 2017 mendatang. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan akan tetap mendukung dengan membina  peserta yang bersangkutan untuk mempersiapkan diri  menghadapi peserta dari Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur. Dukungan doa akan terus diberikan semoga Alya Mutiasari dapat menunjukkan keunggulannya di tingkat provinsi. (eMTeHa)




Copyright © 2014 - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan
Jl. Kapten Piere Tendean No. 1 Balikpapan Kalimantan Timur 76111
Telp. 0542 – 8500500, 8501760 Fax: 0542 – 422020
0