Untuk Kekayaan dan Kelengkapan Koleksi Buku Perpustakaan, Silahkan isikan Usulan Buku yang menurut Anda perlu ditambahkan pada koleksi buku Perpustakaan Balikpapan.

Kesempatan Magang bagi Pengelola Perpustakaan 2017

Monday - 30 Januari 2017 - Dibaca: 413 kali

Perpustakaan sebagai salah satu media pembelajaran sepanjang hayat memiliki peran dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jika dulu keberadaan perpustakaan masih dipandang dengan sebelah mata, dianggap dikelola dengan asal-asalan, sekarang perlahan-lahan pandangan tersebut mulai hilang. Perpustakaan sudah mulai dikelola dengan baik sesuai sistem yang baku sesuai kaidah ilmu perpustakaan. Hal ini dilakukan semata-mata demi meningkatkan kenyamanan pemustaka  dalam usahanya mengakses berbagai informasi secara tepat, cepat, dan akurat.

Pengelolaan perpustakaan yang baik sesuai dengan kaidah ilmu perpustakaan tidak lepas dari kualitas petugas pengelola perpustakaan yang baik pula. Untuk memastikan hal tersebut maka pengelola perpustakaan harus selalu meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti pembinaan maupun pelatihan. Pembinaan dan pelatihan tersebut juga dimaksudkan agar pengelola perpustakaan dapat beradaptasi dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan. Jika pengelola perpustakaan tidak mampu mengikuti tuntutan perkembangan jaman tersebut sudah pasti perpustakaan akan ditinggalkan oleh masyarakat.

Jumlah perpustakaan di kota Balikpapan cukup banyak, meliputi perpustakaan sekolah, perpustakaan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), bahkan taman bacaan yang dikelola oleh masyarakat. Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan melalui Bidang Perpustakaan Seksi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan membuka kesempatan magang bagi pengelola perpustakaan OPD dan sekolah yang ada di Kota Balikpapan. Kegiatan magang ini akan mulai dilaksanakan di bulan Februari 2017, dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Bagi OPD atau sekolah agar mengajukan surat permohonan magang kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan (c.q. Kepala Bidang Perpustakaan).
  2. Peserta magang diharapkan membawa surat tugas dan kelengkapan administrasi berupa biodata dan foto ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.
  3. Selama kegiatan magang berlangsung, biaya akomodasi dan makan ditanggung oleh masing-masing peserta.
  4. Kegiatan magang bagi pengelola perpustakaan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah semakin banyak pengelola perpustakaan di kota Balikpapan yang mendapatkan pembinaan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaannya masing-masing sesuai dengan kaidah ilmu perpustakaan.




Copyright © 2014 - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan
Jl. Kapten Piere Tendean No. 1 Balikpapan Kalimantan Timur 76111
Telp. 0542 – 8500500, 8501760 Fax: 0542 – 422020
0