Untuk Kekayaan dan Kelengkapan Koleksi Buku Perpustakaan, Silahkan isikan Usulan Buku yang menurut Anda perlu ditambahkan pada koleksi buku Perpustakaan Balikpapan.

Tarik Minat Baca, Perpustakaan Balikpapan Terapkan e-book

Wednesday - 14 September 2016 - Dibaca: 352 kali

BALIKPAPAN---Untuk menarik minat masyarakat datang ke perpustakaan, pemerintah daerah kota Balikpapan berinovasi dengan menerapkan sistem e-book. Sebuah sistem yang merubah buku manual kedalam bentuk buku elektronik berbasis web. Sistem ini dipilih karena memudahkan pembaca untuk mengakses kategori buku yang ingin dibaca, dan juga sebagian besar masyarakat Balikpapan sudah memiliki peralatan pendukung, sehingga sistem ini diharapkan bisa diterima sekaligus disukai oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kita lagi coba inovasi itu dan perangkat tahap pemasangan sekaligus sumber dayanya juga dipersiapkan. Rencananya sistem ini akan diterapkan tahun depan. Terobosan ini kerjasama dengan Provinsi Kalimantan Timur," ungkap Hendrik selaku Kepala Perpustakaan Daerah Kota Balikpapan saat dijumpai Cendana News pada Kamis (26/5/2016).

Hendrik menambahkan bahwa pihak perpustakaan tidak lagi bisa mengandalkan cara manual, ia menyatakan perlunya kesadaran untuk senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Internet adalah salah satu kebutuhan masyarakat di era modern sekarang ini.

Kesadaran mengikuti perkembangan teknologi ini diharapkan juga bisa meningkatkan kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah Balikpapan sehingga memiliki dampak semakin meningkatnya minat baca.

Hendrik menambahkan, saat ini pengunjung yang datang sudah lebih dari 1.000 pengunjung dengan usia pendidikan usia dini hingga dewasa. (Ferry Cahyanti)

Sumber: http://www.cendananews.com/2016/05/tarik-minat-baca-perpustakaan.html




Copyright © 2014 - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan
Jl. Kapten Piere Tendean No. 1 Balikpapan Kalimantan Timur 76111
Telp. 0542 – 8500500, 8501760 Fax: 0542 – 422020
0